Review Buku Wine Oleh Meg Bernhard

Authors

  • Fuadi Afif Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Hary Hermawan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36276/gastronomyandculinaryart.v3i2.744

Keywords:

Wine, Meg Bernhard, Industri anggur, Ketidaksetaraan, Budaya dan sejarah

Abstract

Wine adalah bagian dari seri Object Lessons, yang terkenal karena mengeksplorasi benda-benda sehari-hari dengan pendekatan intelektual dan historis yang mendalam. Dalam buku ini, Meg Bernhard mengeksplorasi anggur sebagai objek fisik dan simbol budaya, mengaitkan pembuatan, konsumsi, dan sejarah anggur dengan pengalaman pribadi dan fenomena sosial. Struktur buku ini dibagi berdasarkan musim—musim dingin, semi, panas, dan gugur—dengan setiap musim menyoroti berbagai aspek anggur, dari proses pembuatannya hingga cerita-cerita yang menyertainya. Buku ini menggabungkan berbagai pendekatan: memoar, jurnalisme, dan kajian ilmiah. Bernhard menelusuri pengalaman pribadinya tinggal di Spanyol, bekerja di kebun anggur, dan belajar tentang proses yang rumit di balik produksi anggur, sambil juga mengeksplorasi kekuatan sosial yang ada dalam industri pembuatan anggur. Salah satu tema penting yang diangkat adalah ketidaksetaraan dalam industri anggur, di mana Bernhard menghubungkan kekuatan ekonomi, sejarah penjajahan, dan dominasi budaya Barat dalam industri tersebut.

References

Bernhard, M. (2023). Wine. Bloomsbury Academic.

Carlsen, J., & Charters, S. (Eds.). (2006). Global wine tourism: Research, management, and marketing. CABI.

Sigala, M., & Robinson, R. N. S. (Eds.). (2019). Management and marketing of wine tourism business: Theory, practice, and cases. Springer International Publishing.

Wine & Spirit Education Trust (WSET). (2024). An introduction to beer. Wine & Spirit Education Trust.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Afif, F., & Hermawan, H. (2024). Review Buku Wine Oleh Meg Bernhard. Gastronary, 3(2), 117–120. https://doi.org/10.36276/gastronomyandculinaryart.v3i2.744

Issue

Section

Book Review

Categories

Most read articles by the same author(s)