Studi tentang Perbedaan Kinerja Karyawan Hotel Berbintang
DOI:
https://doi.org/10.36276/mws.v4i1.54Keywords:
prestasi kerja, kinerja, keryawan hotelAbstract
Studi tentang perbedaan prestasi kerja (kinerja) lulusan Stipar Ampta ini dilakukan di 7 (tujuh) hotel berbintang 4 dan bintang 5 di Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 93 (sembilan puluh tiga) responden penelitian. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk memastikan apakah ada perbedaan yang signifikan antara prestasi kerja karyawan lulusan Stipar AMPTA dengan karyawan lulusan Perguruan Tinggi lain pada jenjang diploma III jurusan perhotelan. Adapun hasil dari penelitian ini ternyata tidak terdapat perbedaan secara statistik (menerima Ho dan menolak Ha) dari prestasi kerja karyawan. Hal ini dimungkinkan karena prestasi kerja karyawan di beberapa hotel yang dijadikan obyek penelitian terdapat banyak faktor / elemen penilaian prestasi kerja, yang berada diluar prestasi perguruan tinggi. Akhirnya sampai pada suatu kesimpulan bahwa hotel bisa dengan leluasa memilih / merekrut karyawannya tanpa melihat darimana asal perguruan tingginya.
References
Suharsimi arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Cet. Kedua Belas, Edisi V, Jakarta 2002.
T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE UGM, Cet. Kelima Belas, Edisi 2, 2001, Yogyakarta.
John Suprihanto, Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, BPFE UGM, Cet, Keempat, Edisi Pertama, 2000, Yogyakarta.
Edwin B. Flippo, Personel Management, McGraw-Hill Inc, sixth edition, 1980, USA.
Sutrino Hadi, Statistik Jilik II, Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta, 1988.
Fathul Himam, Mencari Format Kepemimpinan Perguruan Tinggi: 1 : 2003.
Pramudya Sunu, Peran SDM Dalam Penerapan ISO 9000, Grasindo, 1999, Jakarta.
Pedoman Penjaminan Mutu Depdiknas, Dirjen Dikti, 2003, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.