Membangun Organisasi Customer-Driven

Authors

  • Santosa Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.44

Keywords:

Driven, customer, marketing, tourism

Abstract

Meningkatnya pengetahuan pelanggan memiliki implikasi strategies bagi pengusaha. Pelanggan semakin cerdik, selektif dalam pengambilan keputusan dalam pembelian, karena barang yang tersedia semakin beraneka ragam, harga sangat kompetitif. Dalam keadaan seperti ini pengusaha perlu memperhatikan aspek-aspek non fisik dalam berusaha. Aspek non fisik yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan mengelola pelanggan baik dalam arti bagaimana perusahaan memelihara dan mempertahankan pelanggan menjadi hal yang penting. Memelihara pelanggan dengan selalu berupaya pada pemuasan pelanggan dalam arti kata upaya secara berkesinambungan memberikan pelayanan kepada konsumen. Perusahaan hendaknya memahami bahwa keberadaan pelanggan adalah aset yang paling besar dan berperan dalam jangka panjang. Beberapa langkah perlu dilakukan oleh perusahaan dalam upaya mendorong organisasi pembeli sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Mulai dari penyusunan marketing plan yang dapat mengakomodasi segala kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen sampai dengan pengembangan marketing mix yang tidak saja mencakup 4 P tetapi 7 P

Author Biography

Santosa, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Freddy Rangkuti, 2004, Creative Effective Marketing Plan, Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

Sunarto, 2004, Manajemen Pemasaran. Yogyakarta, AMUS.

Patrik Forsyth, 1977, Marketing Professional Services. Jakarta Gramedia Pustaka Utama. Alih bahasa; Marcus Prihminto Widodo.

Michael LeBoeuf, 1992, Memenangkan Dan Memelihara Pelanggan, Jakarta, Pustaka Tangga, Alih bahasa; Rieka Harahap.

Hermawan Kartajaya, 1997, Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka.

Philip Kotler, John Bowen, James Makens, 2002, Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan Jakartka, Prenhallindo. Alih bahasa; Alexander Sindoro dan Renata Pohan.

__________, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Santosa. (2021). Membangun Organisasi Customer-Driven. Media Wisata, 3(1). https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.44