Management Strategies for Homestays in Pancoh Tourism Village, Turi, Sleman

Authors

  • Erna Wigati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API
  • Susilo Budi Winarno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API
  • Aceng Gima Sugiama Politeknik Negeri Bandung
  • Henny Kustini Politeknik Nest Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v23i1.754

Keywords:

Strategi, Pengelolaan, Homestay, Desa Ekowisata, Pancoh

Abstract

This article aims to understand the strategies in homestay management, the challenges faced, and the solutions implemented by the managers in the homestay management in Pancoh tourist village. The method used in this research is a descriptive qualitative method by conducting observations, documentation, and interviews with the Chairman of Pokdarwis, the manager of the tourist village, and the homestay manager in the Pancoh ecotourism village. The results of this research are strategies for managing homestays by managing physical and environmental aspects, human resource and institutional aspects, and promotional aspects. The challenge faced in managing the Homestay is the large amount of waste that appears when tourists live in. The solution implemented by the manager is the application of a one-stop management system.

Author Biographies

Erna Wigati, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API

Erna Wigati, Dosen dan Pegiat Desa wisata dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API Yogyakarta, active di LPPM dan PUSDEWI (Pusat Pengembangan Desa) Bidang Kajian language, tourism dan desa wisata. Trainer, Asesor Kompetensi Narasumber SDM Pariwisata dan Auditor Pariwisata Email: ernawigati9@gmail.com, https://scholar.google.com/citations?user=bNaZ4VcAAAAJ,

Susilo Budi Winarno, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata API

Susilo Budi winarno, Dosen dan Peneliti di PUSDEWI (Pusat Pengembangan Desa Wisata), Bidang kajian Hukum dan Peraturan tata Kelola desa wisata, email: susilostieapi2018@gmail.com, https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=susilo+budi+winarno&oq=su

Aceng Gima Sugiama, Politeknik Negeri Bandung

Aceng Gima Sugiama, Commerce Department, Politeknik Negeri Bandung, Asesor BAN-PT, Email: gima.sugiama@polban.ac.id , https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aceng+gima+sugiama&oq=aceng+gima+

Henny Kustini, Politeknik Nest Surakarta

Henny Kustini, S.ST.Par., MM. Managemen Pariwisata & Perhotelan, Politeknik Nest, Surakarta, Indonesia,Direktur Politenik Nest Sukoharjo hennykustini@gmail.com

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosudirjo, Prajudi. 1982. Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021) Anugerah Desa Wisata Indonesia. Diakses (tanggal 20 Agustus 2021) dari kemenparekraf.go.id

Wigati, Erna. (2019). Peran Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Desa Wisata di Desa Sumberbulu Mojogedang Karanganyar. Hotelier Journal Hospitality and Tourism Journal, 44-58

Wigati, Erna (2018). Strategi Promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke candi Prambanan Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 9, N0.1, 2018, Page 51-70

Wigati dkk (2023). Pengelolaan Dewi Rintisan Dewi Pandang berbasis CBT di Desa Pandanpuro Pakem Sleman, ejournal.BSI, Vol. 10., N0.2 Page 125-132

Goodwin, H. & Santilli, R. 2009. Community-Based Tourism: A Success ICRT Occasional Paper. 11(1), 37

Inskeep, Edward. (1991). Tourism Planning- An Integrated Sustainable Approach. New York: Van Nostrand Reinhold.

Kementrian Pariwisata. Buku Pedoman Desa Wisata (Edisi 1) (2019). Kementrian Pariwisata, Republik Indonesia.

Kementrian Pariwisata (2019) Buku Pedoman Desa Wisata (Edisi 1). Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, edisi ke sembilan jilid 2. Jakarta: PT Indeks

Nuryanti, Wiendu. 1993. Desa Wisata. Jakarta

Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan

Pearce, D. 1995. Tourism A Community Approach.2nd. Harlow Longman.

Terry, GR.. 2011. Prinsip Prinsip Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Suwarsono Muhammad. 1994. Managemen Strategi, Konsep dan Kasus: Unit Penerbit & Percetakan

Syamsi. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasaan Konsumen pada Siswa Bimbingan dan Konsultasi Belajar Al-Qolam Bandar Lampung .Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol 5 (1): 18-36

Wirdayanti, A., & dkk. (2021). Pedoman Desa Wisata. Jakarta: Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Wigati, E., Winarno, S. B., Sugiama, A. G., & Kustini, H. (2025). Management Strategies for Homestays in Pancoh Tourism Village, Turi, Sleman. Media Wisata, 23(1), 231–244. https://doi.org/10.36276/mws.v23i1.754

Issue

Section

Articles

Categories