Strategi Marketing Mix untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Desa Wisata Nongkosawit Semarang

Authors

  • Desika Nur Jannah Universitas Semarang
  • Muchammad Satrio Wibowo Universitas Semarang
  • Bram Arvianto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v23i1.764

Keywords:

Marketing, Traveler, Strategy, Tourism, Nogkosawit

Abstract

Even though the tourism sector in Indonesia has shown rapid development, competition between tourist destinations is increasing. Tourist villages in big cities must be able to compete with other popular tourist destinations better known to tourists, both domestic and foreign. An effective marketing strategy is needed to increase the number of tourists visiting Nongkosawit Tourism Village. Nongkosawit Tourism Village, located in Semarang City, has extraordinary natural and cultural tourism potential. This research uses a descriptive qualitative approach, which aims to analyze marketing strategies to increase tourist visits to the Nongkosawit Tourism Village, Semarang. The data collection technique used was interviews and data collection from the Mountain Cage tourism awareness group by asking for information and data regarding the Nongkosawit tourist village. Meanwhile, the data analysis technique used is based on Miles and Hubberman's theory, namely data reduction, data presentation and conclusion.

Author Biography

Desika Nur Jannah, Universitas Semarang

Desika Nur Jannah, S.Pd., M.Mpar adalah seorang dosen program studi Pariwisata Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Minat penelitian dari penulis yaitu berkaitan dengan manajamen pariwisata,  perencanaan dan pengembangan desa wisata.

References

Artika, & Putra, F. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan (Studi Kasus Pada Umkm Toko Nurhidayah Di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2).

Ayu, D. (2024). Identifikasi peningkatan jumlah pengunjung serta arahan pengembangan kawasan pantai kenjeran kecamatan bulak kota surabaya. Jurnal Konservasi Dan Rekayasa Lingkungan, 1(1), 27–37.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif,. Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Citra Destinasi dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.

Forijati, F., & Ridwan, R. (2020). Analisis Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumlah Pembeli Ayam Geprek Mbok Moro Kota Kediri. Efektor, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14379

Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia.

Jannah, D. N., Kristiansen, H. N., & Wibowo, M. S. (2024). Pengaruh Kearifan Lokal Terhadap Minat Pengunjung Di Desa Wisata Nongkosawit. Jurnal Pariwisata, 11(1), 28–39. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21456

Khumaira, M., Ramadanti, A., Damayanti, D., Rahmadani, O., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 39–61.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Edisi 15e. Pearson Education.

Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997

Moh. Musleh, & Nabila Septia Rosa. (2024). Strategi Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Pengembangan Desa Wisata Pandean Kabupaten Trenggalek. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 4(1), 36–44. https://doi.org/10.22225/jcpa.4.1.2024.36-44

Monica, Z. A., & Habib, M. A. F. (2024). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada PHD Nusantara. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 2(2), 39–60. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i2.2278

Mukhlisin, M. U., & Cholik, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kacamata Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Toko AR Grosir). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1), 79–88.

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Nurliza, Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2024). Analisis Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir Di Batam. Jurnal Mekar, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.238

Pakpahan, R., & Purba, D. S. (2024). Menggali Potensi Pemandu Wisata Lokal Dalam Meningkatkan Kualitas Pengalaman Wisatawan: Tinjauan Kasus Desa Wisata Meat, Kabupaten Toba. Jurnal Pariwisata, 11(1), 82–91. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21525

Pinontoan, N. A., Wihardi, D., Lestari, R., & Kristanty, S. (2024). Strategi Pemasaran Pariwisata Dalam Mempromosikan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Sebagai Destinasi Ekowisata. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(1), 52–58. https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.4907

Raharjo, W., & Rinawati, H. S. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. CV. Jagad Publishing.

Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). STRATEGI BERSAING PRODUK UKM LUNPIA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FIVE FORCES PORTER DAN SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171–185.

Rahmawati, S., & Sutantri. (2019). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 90–117.

Sakti, S. M. R., Hidayat, H., & Negoro, Y. P. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Produk Keripik Sanjai Sukarasa Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode STP dan 4P (Studi Kasus – Bisnis Sanjaiku). Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 6(4), 1079–1084. https://doi.org/10.31004/jutin.v6i4.18798

Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19 (Tourism Marketing Communication Strategy in the Covid-19 Pandemic Period). CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.2743

Septemuryantoro, S. A. (2024). IDENTIFICATION OF THE POTENTIAL OF TOURISM VILLAGE COMMUNICATIONS IN THE NEW NORMAL ERA IN SEMARANG REGENCY. Media Wisata, 22(1), 169–178. https://doi.org/10.36276/mws.v22i1.386

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulasmi, S., Alhadar, S., Nusu, O. S., Ical, I., Laky, I., & Amir, R. (2021). Analisis Manajemen Strategi Bisnis Travel Agent Di Masa Pandemi Covid 19. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(2), 259–270. https://doi.org/10.37606/publik.v8i2.242

Utami, W., Supama, Y., & Aji, K. (2024). TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY IN GIRIKARTO VILLAGE, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Media Wisata, 22(1), 121–130. https://doi.org/10.36276/mws.v22i1.360

Zainarti, Pratama, A. cyntia, Rayadi, A. rahmad, & Makrim, N. (2024). Strategi Pemasaran Toko Kosmetik Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Daerah Tuasan Kota Medan Sumatra Utara ( Studi Kasus : Toko Lolipop ). Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 424–437.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Jannah, D. N., Muchammad Satrio Wibowo, & Bram Arvianto. (2025). Strategi Marketing Mix untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Desa Wisata Nongkosawit Semarang. Media Wisata, 23(1), 218–230. https://doi.org/10.36276/mws.v23i1.764