Development of Sanggabuana Coffee Product Innovation through Product Diversification

Case Study In Bumdes Buanamekar Business In Mekarbuana Village, Karawang

Authors

  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Suroso Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v21i1.453

Keywords:

innovation, product diversification strategy, concentric diversification

Abstract

This study aims to determine the application of a diversification strategy with the development of innovation in Sanggabuana coffee products. This study used in-depth interviews, observation, and documentation studies and analyzed using technical and source triangulation. The study results were obtained to apply a diversification strategy focused on concentric diversification by producing new product outputs based on the raw material of KoSa as a coffee flavouring in desserts with the types of Pudding Kopi and Bolu Kopi, scrubs, and air fresheners. Furthermore, Bumdes can maximize e-commerce marketing.

Author Biographies

Neni Sumarni, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Dosen, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Suroso, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Universitas Buana Perjuangan
Karawang

Enjang Suherman, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Universitas Buana Perjuangan
Karawang

References

Agrosiana. (2014). Mengenal Jenis-jenis Kopi Budidaya. https://alamtani.com/jenis-kopi. Diunduh tanggal 14 Januari 2022.

Agus Hermawan (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip (2017),Manajemen Pemasaran II, PT. Prehalindo, EdisiMillenium.Jakarta.

Lena Elitan (2019). Manajemen Inovasi, Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung :Alfabeta.

Tjiptono, F. dab G. C. (2016). Pemasaran Strategik. Andi Yogyakarta.

Arfian Rizky Rahmandwika ( Journa of UNTAG :2019) : Analisa Strategi Diversifikasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada UKM Putra Delta

Edon Ramdani (Jurnal Akuntansi Balerang :2018): Analisis Strategi Diversifikasi Bisnis Pada PT. Sun Motor Group

Giyah Yuliarti (JAMSI:2022) : Inovasi Melalui Diversifikasi Produk Batik Khas Semarang Berbasis Kolaboratif-Partisipatif Akademisi dan Masyarakat

Haris Al Khoeri (Journal Electronic :2016): Implementasi Strategi Diversifikasi Produk Pada Surat Kabar Jawa Pos Surabaya

Karta. Abdul Aziz ( Jurnal Desain Komunikasi Visula:2019) : Strategi Diversifikasi Konsentris Tenun Sutera Wajo

Pembayun Puji Astuti (Jurnal Utilitas :2021) : Strategi Diversifikasi Produk sebagai upaya Menghadapi Persaingan

Supargo ( FIKOM UMN:2019) : Makna Gaya Hidup Minum Kopi Di Coffe Shop Kalangan Anak Muda Penikmat Kopi Di Provokatif

Syeli Itung ( JAKO; Jurnal Akuntansi Kontemporer :2018) : Pengaruh Strategi Diversifikais dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kinerja Perusahaan Yang di Moderasi Oleh Struktur Modal

Satria Lintang Rachmadana (Journal Of Electronic :2018): Implementasi Strategi Diversifikasi Produk Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing pada Desa Wisata Pujonkidul

Yusuf Limbongan ( Prosiding Seminar Nasioanl:2020): Pengembangan Sistem Inovasi Kopi Arabika untuk mendukung pembangunan pariwisata Toraja

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Sumarni, N., Suroso, & Enjang Suherman. (2023). Development of Sanggabuana Coffee Product Innovation through Product Diversification: Case Study In Bumdes Buanamekar Business In Mekarbuana Village, Karawang. Media Wisata, 21(1), 99–106. https://doi.org/10.36276/mws.v21i1.453