Strategi Pemasaran 7P Restoran Bertema Autentik di Bale Raos sebagai Potensi Wisata Kuliner di Area Keraton Yogyakarta

Authors

  • Sahlit Sugesti Sugesti Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.135

Keywords:

marketing strategy,, segmenting, targeting, positioning

Abstract

Indications of successful management of cullinari such as a restaurant is a significant increase in the target number of tourists visiting. Therefore, it is necessary to have the right and targeted marketing strategy. This study aims to analyze and describe the marketing strategy of Bale Raos restaurant The autentic Taste in tourism area Keraton Yogyakarta. Research used qualitative methods. Informants sampled are general manager, marketing, operational manager and visitorAs of Bale Raos restaurant. Data was collected used interviews, observation, and documentation. Based on the research results show the right marketing strategy to increase quality product and service by segmenting targeting and positioning and  collaboration of good product, price sale, place, promotion, people, process and physical evidance.

Author Biography

Sahlit Sugesti Sugesti, Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta

Dosen Tetap pada Program Studi Pengelolaan Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Memiliki kepakaran dibidang food and beverage service. Mengajar Praktek Tata Hidang Praktek dan Peralatan Boga dan Restoran. 

References

Fandy. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy

Kotler, P. (1992). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan dan Pengendalian). Edisi Kelima. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (1996). Manajamen Pemasaran (Analisis Perencanaan Pengendalian). Terjemahan Drs. Jaja Wasana MSM. Institut & Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajamen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Kotler, P& Keller, KL. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks

Kotler, P& Keller, K L. (2009a). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, K.L. (2009b). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Christopher, H & Wright, Lauren, K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks

Moleong, L.Y. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, S. P. (2014). Kualitas Pelayanan Gadri Resto Yogyakarta (Respon Konsumen sebagai Pendekatan Penelitian). Jurnal Nasional Pariwisata, 6(1), 22-29.

Oka, I Made Darma. (2010). Potensi Pengembangan Pariwisata Minat Khusus (Trekking) Di Desa Pejaten-Tabanan. Jurnal Analisis Pariwisata, 10 (1), 24-31.

Wiwoho, Ardjuno. (2008). Pengetahuan Tata Hidang. Jakarta: Erlangga.

WA, Marsum. (1994). Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andy Offset.

Yoeti, Oka A, Drs, MBA. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: Percetakan Angkasa.

Yoeti, Oka A, Drs, MBA. (2001). Ilmu Pariwisata Sejarah, Perkembangan, dan Prospeknya. Jakarta: PT. PERTJA.

Webster’s Encyclopedic Unabridged Dictionary of the English Language. (1989). New York: Portland House.

http://www.Pariwisata Menurut Ahli.co.id

UU No. 10 thn. 2009. Tentang Kepariwisataan.

Peraturan Pemerintah No. 24/1979. Tentang Daerah Tujuan Wisata.

Surat Keputusan Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No. KM 98/PW:102/MPPT-87. Tentang DTW.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. 4. Tahun 2021. Tentang Standar Kegiatan Uasaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Sugesti, S. S. (2021). Strategi Pemasaran 7P Restoran Bertema Autentik di Bale Raos sebagai Potensi Wisata Kuliner di Area Keraton Yogyakarta. Media Wisata, 19(2), 198–205. https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.135