Total Quality Management sebagai Alat Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Industri Jasa Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.40Keywords:
total, quality, management, sdmAbstract
Manajemen mutu pada dasarnya adalah suatu instrumen penting bagi suatu perusahaan. Perusahaan tidak terikat oleh kapasitas dan umurnya, akan memerlukan Manajemen Mutu untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor lainnya. Perusahaan akan terus dituntut untuk berinovasi didalam menghasilkan produk-produk yang bermutu. Setiap pelaku bisnis (seluruh karyawan, dari basic level sampai top management), harus memenangkan kompetisi, dengan cara memberikan perhatian dan melaksanakan komitmen secara penuh kepada mutu. Konsekuensi dari pelaksanaan Total Quality Management oleh perusahaan adalah akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang kita miliki, peningkatan ketrampilan dan kemampuan karyawan untuk menguasai bidang pekerjaannya, kemampuan karyawan untuk menganalisa gap yang menyebabkan kegagalan penyampaian jasa kepada tamu atau konsumen, dan pada akhirnya keberhasilan pelaksanaan Total Quality Management ini akan bergantung kepada komitmen seluruh karyawan untuk melaksanakannya dengan baik (Optimism and Positive Thinking)
References
Gary Dessler, Human Resources Management 7e, Edisi 7, Prenhallindo, Jakarta, 1998.
J.M. Juran, Merancang Mutu, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta, 1995.
Linda A. Jerris, Human Resources Manajemen for Hospitality, Prentice-Hall, Inc., New Jersey, 1999.
Wayne F. Cascio, Managing Human Resources, Fifth Edition, Irwin McGraw-Hill, United States of America, 1998.
T.Hani Handoko, Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta, 1999.
Fandy Tjiptono, Total Quality Management, Edisi 3 Cetakan I, Andi Offset, Yogyakarta.
Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I Cetakan 4, Andi Offset, Yogyakarta, 2000.
_______, Majalah Manajemen, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 2003.
_______, Bahan Diklat PT. Inna Hotel Group, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Teguh Suripto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.