Total Quality Management sebagai Alat Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Industri Jasa Pariwisata

Authors

  • Teguh Suripto Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.40

Keywords:

total, quality, management, sdm

Abstract

Manajemen mutu pada dasarnya adalah suatu instrumen penting bagi suatu perusahaan. Perusahaan tidak terikat oleh kapasitas dan umurnya, akan memerlukan Manajemen Mutu untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor lainnya. Perusahaan akan terus dituntut untuk berinovasi didalam menghasilkan produk-produk yang bermutu. Setiap pelaku bisnis (seluruh karyawan, dari basic level sampai top management), harus memenangkan kompetisi, dengan cara memberikan perhatian dan melaksanakan komitmen secara penuh kepada mutu. Konsekuensi dari pelaksanaan Total Quality Management oleh perusahaan adalah akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang kita miliki, peningkatan ketrampilan dan kemampuan karyawan untuk menguasai bidang pekerjaannya, kemampuan karyawan untuk menganalisa gap yang menyebabkan kegagalan penyampaian jasa kepada tamu atau konsumen, dan pada akhirnya keberhasilan pelaksanaan Total Quality Management ini akan bergantung kepada komitmen seluruh karyawan untuk melaksanakannya dengan baik (Optimism and Positive Thinking)

Author Biography

Teguh Suripto, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Gary Dessler, Human Resources Management 7e, Edisi 7, Prenhallindo, Jakarta, 1998.

J.M. Juran, Merancang Mutu, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta, 1995.

Linda A. Jerris, Human Resources Manajemen for Hospitality, Prentice-Hall, Inc., New Jersey, 1999.

Wayne F. Cascio, Managing Human Resources, Fifth Edition, Irwin McGraw-Hill, United States of America, 1998.

T.Hani Handoko, Manajemen, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta, 1999.

Fandy Tjiptono, Total Quality Management, Edisi 3 Cetakan I, Andi Offset, Yogyakarta.

Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I Cetakan 4, Andi Offset, Yogyakarta, 2000.

_______, Majalah Manajemen, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 2003.

_______, Bahan Diklat PT. Inna Hotel Group, 2002.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Suripto, T. (2021). Total Quality Management sebagai Alat Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Industri Jasa Pariwisata. Media Wisata, 3(1). https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.40