Perbedaan Persepsi dan Harapan Wisatawan Lokal dengan Wisatawan Asing terhadap Kualitas Layanan di Candi Borobudur

Authors

  • Arif Dwi Saputra Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Heni Susilawati Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Hary Hermawan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.158

Keywords:

perception, experience, Borobudur Temple, expetasi, wisatawan

Abstract

Efforts to increase foreign tourists related to tourist attraction need to be interpreted through the attitude of foreign tourists in their perception and expectations of service quality, so that it becomes a more measurable central point when wanting to boost foreign exchange through the tourism service sector. The research that has been done is explorative research with the descriptive quantitative method. The results showed that there were differences in perception and experience of service quality in Borobudur Temple in both groups of tourists

Author Biographies

Arif Dwi Saputra, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Heni Susilawati, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Hary Hermawan, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

References

Ardiansyah, A., & Sutedjo, A. (2019). Analisis Potensi Objek Wisata di Kabupaten Banyuwangi Selatan untuk Menjadi Pusat Pertumbuhan Kepariwisataan. Swara Bhumi, 2(1).

Fotiadis, T., Abegglen, J. C., Stalk, G., Abell, D. F., Abernathy, W. J., Utterback, J. M., & Ames, B. C. (2018). Environmental management: Revising the marketing perspective. In Strategic Marketing for High Technology Products: An Integrated Approach (Vol. 28, No. 3, pp. 1-40). Englewood Cliffs, NJ: John Wiley & Sons.

http://www2.unwto.org , diakses 17 September 2018

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaranf terjemahan Hendra Teguhf edisi Milleniumf cetakan pertama (1st ed.). Jakarta: Prenhalindo.

Kreitner, Robert & Kinicki, Angelo. (2003). Perilaku Organisasi, Buku 1 Edisi Kelima, (Erly Suandy. Terjemahan), Jakarta: Salemba Empat.

Marianti, M. (2019). Pengaruh Sarana Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Permandian Air Panas Lejja Di Kabupten Soppeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Miftah, T. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Grafindo Persada, Jakarta, 472.

Mutia, R. (2009). Konsep Kurikulum, Ekspektasi, dan Persepsi. Makalah. (http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=9&qual=high&submitval=next&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fhotl%2F2006%2Fjiunkpe-ns-s1-2006-33401131-6052-ekspektasi-chapter2.pdf&submit.x=13&submit.y=22, diakses pada tanggal 10 Oktober 2012 pukul 13.05)

Nur, I., & Mariantha, I. N. (2018, October). Implikasi Pengembangan Desa Wisata Terhadappeningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal. In Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan (Vol. 1, No. 1, pp. 1090-1104).

Rahmalina, W. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Promosi Dan Informasi Wisata Pulau Cinta. RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), 4(1), 40-48.

Saleh, F., & Ryan, C. (1991). Analysing service quality in the hospitality industry using the SERVQUAL model. Service Industries Journal, 11(3), 324–345.

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, Yogyakarta: C.V. Andi Offset (Penerbit Andi).

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, C.V. Andi Offset.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (1996). Services Marketing. New York: Mc Graw Hill.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Saputra, A. D., Susilawati, H., & Hermawan, H. (2021). Perbedaan Persepsi dan Harapan Wisatawan Lokal dengan Wisatawan Asing terhadap Kualitas Layanan di Candi Borobudur. Media Wisata, 17(2). https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.158

Most read articles by the same author(s)