Visi Birokrasi Menuju Pasar Global Pariwisata

Authors

  • Mona Erythrea Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.41

Keywords:

visi, birokrasi, pariwisata, pasar, global

Abstract

Sebagai bagian dari negara dunia, perubahan-perubahan global terhadap aspek dan sendi-sendi kehidupan tak mungkin terelakkan. Kekuatan globalisasi telah mampu menggeser pola dan gaya hidup masyarakat dunia, tak terkecuali dalam industri pariwisata. Proses globalisasi telah merubah bentuk dan struktur industri pariwisata. Fenomena tersebut menuntut negara-negara di dunia untuk berevolusi dalam sistem pemerintahan yang baru yang adaptif, inovatif dan peka terhadap perubahan. Birokrat sebagai ujung tombak pengelola negara mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk melakukan perubahan (agent of change), termasuk dalam bidang pariwisata yang menjadi salah satu andalan penghasil sumber devisa bagi Indonesia. Birokrasi yang semula identik dengan kekuatan, kelambanan, dan berorientasi pada status quo, harus mampu merubah diri menjadi birokrasi yang organis adaptif.

Author Biography

Mona Erythrea, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Ardika, I Gede, 1999, Kebijakan Pembangunan Kepariwisataan, Makalah pada Seminar Nasional Ekonomi Pariwisata, Menggali Potensi Ekonomi Borobudur sebagai Wisata Ziarah, Yogyakarta, 18 Mei.

Salam, Abdul, 2002, Globalisasi dan Kebijakan Pariwisata, Dokumentasi Th. XIV No. 7, Juli.

Sumadi, Ketut, 2002, Pariwisata Budaya Bali Berbasis Kerakyatan Berkelanjutan, Jurnal Manajemen Pariwisata, Vol. 1, No. 2, September, STIE Pariwisata Triatma Mulya, Bali.

Sunaryo, Bambang, 1993, Pembangunan Pariwisata Berlanjut Berwawasan Lingkungan, Makalah pada Kursus Nasional Peningkatan Kemampuan Penilaian AMDAL bidang Pariwisata, UGM, Yogyakarta, Oktober.

Santoso, Priyo Budi, 1997, Birokrasi Pemerintah Orde Baru, Perspektif Kultural dan Struktural, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tjokrowinoto, Moeljarto, [et.al], 2001, Birokrasi dalam Polemik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Tjokrowinoto, Moeljarto, 2002, Pembangunan, Dilema dan Tantangan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Viko, Ronny S, 2001, Tourism, Trade, Investment : Yogya dalam Bingkai Otonomi, BIGRAF Publishing, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Erythrea, M. (2021). Visi Birokrasi Menuju Pasar Global Pariwisata. Media Wisata, 3(1). https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.41