Cara Praktis Untuk mewujudkan Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.42Keywords:
marketing, kepuasan, satisfaction, touristAbstract
Kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi pelanggan atas performance produk atau jasa alam memenuhi harapan pelanggan. Pelanggan merasa puas apabila harapannya terpenuhi atau akan sangat puas jika harapan pelanggan terlampaui. Pertanyaan yang fundamental adalah apa sebenarnya yang membuat pelanggan puas? Perusahaan harus menyusun strategi program peningkatan kepuasan pelanggan melalui 5 driver kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk, harga, kualitas palayanan, emotional factor, dan yang kelima adalah berhubungan dengan biaya dan kemudahan untuk mendapatkan produk dan jasa. Setelah itu harus ditetapkan bobot tertinggi diantara kelima driver itu dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Penentuan bobot harus mempertimbangkan produk yang dihasilkan dengan memperhatikan dinamisasi waktu. Besarnya bobot setiap driver dapat diketahui melalui survei pasar.
References
Catherine Devrye, Good Service is Good Business, Strategi Sederhana Menuju Sukses, PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Philipp Kotler, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1993.
Radix Yunanto, Makalah Customer Satisfaction Drivers, 2003.
Trioso Purnawarman, Makalah Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu Produk, 2001.
Vincent Gaspersz, Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Prihatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.