Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta

Authors

  • Angela Ariani Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Motive, Expectation, Incentive, Kinerja Karyawan

Abstract

Era globalisasi menuntut perusahaan melakukan berbagai sistem pengelolaan sumber daya manusia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Motivasi yang terdiri dari motive, expectaction dan incentive, terhadap Kinerja Karyawan Front Office di Royal Ambarrukmo Hotel. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan variabel motivasi yang diteliti dalam
penelitian ini terdiri atas 3 variabel (motive, expectation, incentive). Populasi yang diteliti sebanyak 35 responden pada bagian Front Office Department. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap kinerja digunakan teknik regresi
berganda. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f pada ringkat kepercayaan 95% (α=0.05). Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara signifikan motivasi dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan sebesar 97.6% sedangkan sisanya 2.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian Uji F atau penghitungan
secara keseluruhan yaitu F hitung > F tabel (423.628>2.91) maka disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa Ha1 diterima. Hasil dari penghitungan uji t juga ada pegaruh secara parsial hal ini diketahui bahwa nilai motivasi yang terdiri dari Motive (3.220), Expectation (2.390), dan Insentive (5.319) lebih besar dati t tabel (2.03951). Dari hasil perhitungan masing-masing variabel diketahui nilai Insentive memiliki coefficient terbesar yaitu 0,513 dibandingankan dengan variabel lainnya. Hal ini menunjukan bahwa Ha2 diterima. 

Author Biography

Angela Ariani, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Behn, Robert D. (2003). Why Measure Performance? Different Purpose Require Different Measures. Harvard University. Public Administration Review, Vol. 63. No. 5.

Bernadinand R. (1995). Human Resource Management, first edition. New York: Mc.Graw-Hill Companies Inc.

______________. (1998). Human Resource Management an Experiental Approach, second edition. New York: Mc. Graw-Hill Companies Inc.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gomes, F.C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya anusia: Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Kerlinger, Fred N dan Elazar J. Pedhazur. (1987). Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Kreitner, R dan Kinicki A. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkuneran, A.A Anwar Prabu. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia edisi 10. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Robbins, S. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Robert L. Mathis. (2006). Human Resource Management, edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Veizal. R. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Ariani, A. (2024). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from https://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/599