Pengendalian Makanan untuk Mengurangi Limbah Makanan di Restoran Hotel Hyatt Regency Yogyakarta

Authors

  • Rahmalia Rizky Fitiani Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Budi Hermawan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Heni Susilowati Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Benedictus Anggito Wicaksono Nugroho Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
  • Sahlit Sugesti Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan mengembangkan sistem manajemen sekaligus meningkatkan efisiensi operasional limbah makanan di restoran Hyatt Regency Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan studi literatur. Reduksi datanya yaitu merangkum, memilih dan mencatat data penting yang diperoleh dari lapangan agar menjadi informasi yang akurat.

Hasil penelitian terkait pengendalian makanan untuk mengurangi limbah makanan pada restoran sudah sangat maksimal. Hasil pengendalian ini menggunakan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) agar terkendali dan terkelola secara sistematis sesuai SOP. Konsep reduce telah mengurangi surplus makanan selama produksi, penyimpanan bahan-bahan sistem FIFO, dan perencanaan menu yang sistematik. Konsep reuse pada lingkup external dan internal melalui upaya optimal pemanfaatan bahan mentah dan sisa produk sesuai SOP diawasi ketat. Konsep recyle pada lingkup internal dan external melalui strategi pemanfaatan surplus makanan menjadi kompos serta pupuk cair, pengelolaan bahan mentah dan sisa produk, dan kerjasama dengan vendor sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan limbah makanan yang efektif. Restoran sendiri memliki sistem pencatatan bernama “Light Blue” sistem ini dibuat untuk mencatat seluruh limbah yang terbuang disetiap produksi makanan dan event berlangsung. Strategi dan upaya pengelolaan limbah juga menggunakan system “Plate Waste” dengan memilah sampah organik dan an-organik secara berkala. Implementasi hotel terhadap lingkungan didukung dengan adanya kegiatan zero food waste yang melibatkan seluruh masyarakat dan anak-anak sehingga akan menciptakan masa depan dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

References

Food and Agriculture Organization. (2023). Food and Agricultur Organization of The United Nation. Retrived August 13, 2023

(EPA), E. P. (2023). About Food Recovery Hierarchy. Retrieved September 1, 2023, URL https://www.epa.gov/sustainable-management-food/food-recovery-hierarchy#translations.

Hanjaya, d. (2019). Analisa Implementasi Food Waste Management di Restoran X di Surabaya.

Haris, Risma, & Dkk. (2023). Higiene Sanitasi Makanan & Minuman. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi

Ibrahim, A. (2022). Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Sarah. Nila. (2020). Bahaya Limbah Di sekitar Kita. Surabaya: CV. Media Edukasi Creative. ISBN: 978-623-98135-5-0

Suhartini, Sri, & Dkk. (2018). Teknologi Pengolahan Limbah Agroindustri. Malang: UB Press

The Economist. (2016). Democracy Index. Retrieved September 31, 2023, URL https://www.infographics.economist.com/2017/DemocracyIndex/.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&B. Bandung: Alfabeta

World of Hyatt. (2022). Hyatt Corporation. Hyatt Regency-Hyatt Regenci Yogyakarta. Retrived October 06, 2022. From World of Hyatt: URL https://www.hyatt.com

Published

2024-01-24

How to Cite

Fitiani, R. R. ., Hermawan, B., Susilowati, H., Nugroho, B. A. W., & Sugesti, S. (2024). Pengendalian Makanan untuk Mengurangi Limbah Makanan di Restoran Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 2(1). Retrieved from https://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/621