Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Customer Paket Pernikahan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta
Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kualitas Lokasi, Kepuasan CustomerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan customer dalam paket pernikahan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kuantitatif melalui dua kelompok variabel yaitu variabel bebas (independet variable) dan variabel terikat (dependent variable). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk, tingkat pelayanan dan lokasi sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pembeli paket MICE termasuk di dalammnya adalah paket wedding/prewedding
selama masa pandemi Covid-19 yang ditawarkan dan dijual oleh Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Sample dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Instrumen untuk menggali data kepuasan customer paket pernikahan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Disamping itu ditemukan fakta bahwa lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. pada disi responden adalah kuesioner dalam bentuk
pernyataan (statement) yang sudah terukur melalui proses validitas dan reliabilitas instrumen. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji regresi linier untuk mengukur secara simultan maupun partian melalaui uji t, uji F dan uji determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa rata rata kualitas produk, pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan customer paket pernikahan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Disamping itu ditemukan fakta bahwa lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.
References
Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Basu Swastha & Irawan. (2005). Harga dan Pemberian Jasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dharmmesta,B.S., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Fandy T. (2000). Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi offset
Hoover dan Giarratani. (2007). Lokasi dan Sumber Daya, Jakarta: Rineka Cipta.
Henry Simamora. (2002). Produk dan Pelayanan yang efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Indriantoro, N & Bambang S. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi &Manajemen. Yogyakarta: BPFE, cetakan kedua.
Kotler. (2005) Kualitas Produk. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kartajaya, Hermawan. (2002). Hermawan Kertajaya on Marketing, Edisi Pertama. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Pratikto. (2005). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Restoran Famili Resto Cibubur.
Reza R.A. (2011). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Keragaman Menu, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Pizza Hut DP Mall Semarang.
Ryan N.H. (2010). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang).
Sugiyono. (2005) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.