Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Angkutan Bus Pariwisata Gege Transport dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Hari Rachmadi Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta
  • Yudi Setiaji Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Protokol Kesehatan, Keputusan Konsumen

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 membuat  berbagai sektor usaha di Indonesia mengalami kerugian, terutama di sektor pariwisata. Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Angkutan Bus Pariwisata Gege Transport dalam Masa Pandemi Covid-19”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa angkutan bus Gege di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk populasi penelitian ini adalah pelanggan jasa wisata angkutan gege yang menggunakan jasa angkutan gege selama masa pandemi Covid-19. Jumlah sampel penelitian yang digunakan 30 responden. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel populasi dilakukan dengan teknik random tanpa melihat strata dalam populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah harga (1), faktor kualitas (2), protokol kesehatan (3), dengan variabel yang terkait dengan keputusan konsumen menggunakan transportasi gege (Y). Untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut diuji dengan teknik analisis regresi linier berganda dan diperoleh hasil Y = 1,974 + ( 0,387X1) + (0,599 X2) + (0,383 X3). Kemudian melalui uji F diperoleh hasil f hitung sebesar 4,529 dan nilai signifikansi 0,011 dan sebesar 2,98 sehingga > atau sebesar 4,529 > 2,98 disimpulkan bahwa 1 diterima dan 1 ditolak yang artinya secara simultan faktor-faktor tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa. Berdasarkan uji T diperoleh hasil nilai t hitung dari variabel harga sebesar -2.102 Kemudian variabel kualitas
pelayanan sebesar 3.371 dan variabel protokol kesehatan sebesar 1.386 dengan tingkat sig. semua variabel < 0,05 kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 2,056. Berdasarkan uji T dapat disimpulkan bahwa 2 ditolak dan 2 diterima yang berarti variabel harga merupakan variabel yang tidak dominan dan tidak berpengaruh terhadap konsumen. Keputusan menggunakan jasa transportasi Gege. Hal ini terlihat dari perbandingan koefisien beta terendah dan nilai t hitung sebesar -0,387 atau -38,7% dan t hitung
sebesar -2,102

Author Biographies

Hari Rachmadi, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Yudi Setiaji, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

References

Abbas S. (2012). Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo PersadaHasan.

Ali. (2015). Tourist Marketing. Yogyakarta: CAPSKotler.

Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Jakarta:Erlangga.

Nasution, A. (2015). Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, F. ( 2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Santosa. (2018). Statistika Hospitalitas (Edisi Revisi). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke- 17. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2015). Pemasaran Jasa (Prinsip Penerapan Penelitian). Yogyakarta: Andi Ofset.

Toni Wijaya. (2021). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Rachmadi, H. (2010). Analsis Komponen Bus Pariwisata Guna Penentuan Tarif dan Harga.https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_

citation&hl=id&user=4EbL7uQAAAAJ&citation_for_view=4EbL7uQAAAAJ:WF5omc3nYNoC.

Rachmadi, H. (2016). Model Pengambilan Keputusan Berwisata. Jurnal Media Wisata. Volume 14, Nomer 2.

November 2016. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2020 https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_ citation&hl=id&user=4EbL7uQAAAAJ&citation_for_view=4EbL7uQAAAAJ:u-x6o8ySG0sC.

Christi M., V. (2009). Analisi Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Carrefour sebagai Tempat Berbelanja. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Iman, B.A. (2020). Pengaruh Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Perusahaan Angkutan Pariwisata Parikesit (PT. Suryo Jatmiko Abadi). Yogyakarta: Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, STP AMPTA Yogyakarta.

Tandirerung, A.C. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumen Menggunakan Jasa Go-Car. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Zhafira, H. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung di Wisata Edukasi Sekolah Sungai Siluk. Program Studi S1-Pariwisata, STP AMPTA Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Jakarta.

http://gegetransport.com/profil-kami. diakses pada tanggal 10 juni 2021 https://www.kemkes.go.id/article/view/20070200001/berisiko-tinggi-penularan-lakukan-7-.

langkah-berikut-saat-naik-transportasi-umum.html, diakses19 juni 2021.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/102884/permenhub-no-117-tahun-2018. Diakses 17 Agustus 2021.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Rachmadi, H. ., & Setiaji, Y. . (2024). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Angkutan Bus Pariwisata Gege Transport dalam Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/612