Survei Pengaruh Kepadatan Transportasi Kawasan Malioboro terhadap Kunjungan Wisatawan

Authors

  • Gunawan Yulianto Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Keywords:

Malioboro, Kunjungan Wisatawan, Kepadatan Lalu Lintas, Transportasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan wisatawan terhadap citra dan mengetahui implementasi penetapan kebijakan pengaturan lalu lintas dalam meningkatkan citra Jalan Malioboro. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Di mana metode ini dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview (wawancara), kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Untuk pemeriksaan keabsahan data, menggunakan triangulasi, di mana data di peroleh dari sumber data primer dan data sekunder. Pengujian instrumen menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan verifiasi data. Hasil penelitian ini adalah Malioboro harus segera dibenahi oleh pemeritah kota dalam hal ini UPT Malioboro untuk terciptanya Malioboro yang nyaman sebagai daerah kunjungan pariwisata, lalu lintas dikawasan Malioboro menjadi tertib, menjadikan Malioboro sebagai tempat pariwisata rapi dan indah. Sehingga citra Malioboro sebagai kawasan wisata dan kawasan belanja semakin kuat.

Author Biography

Gunawan Yulianto, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

References

Bafadal. (2014). Manajemen perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawan. (2014). Menejemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan Guru SDN Kombang 1 Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep.

Fatimah N. (2013). Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran terhadap Daerah, Keputusan dan Pengambilan Keputusan Manager Taman Botani Sukorabi Jember, Universitas Jember.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th edition. United Stated: Pearson Education.

Mustari. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nugroho. (2011). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Konsumen. Yogyakarta: Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran”.

Ogi Sulistian. (2011). Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.

Sinaga. (2010). Potensi dan Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatuf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

University,wena, I Ketut dan Widyatmaja. ( 2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Bali: Udayana University Pers.

Utama. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: Andy Offset.

Peraturan Pemerintah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Bab 1 Pasal 1 Ayat 3.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Bab 1 Pasal 1 Ayat 1.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 112 Ayat 3.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (PERDA DIY) Nomor 5 Tahun 2004 (5/2004) tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Jalan di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 92 Tahun 2009 tentang Pembentukan, Susunan, Kedudukan, Fungsi dan Rincian Tugas Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Kawasan Malioboro pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Yulianto, G. . (2024). Survei Pengaruh Kepadatan Transportasi Kawasan Malioboro terhadap Kunjungan Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/611