Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Authors

  • Fransisca Ratna Ardanari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kunjungan Wisatawan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan”. Dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu penulis tentang bagaimana meningkatkan kedatangan wisatawan dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu, karena strategi komunikasi pemasaran terpadu memainkan peran penting dalam meningkatkan kedatangan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh pengelola Desa Wisata Tembi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menguraikan secara deskriptif data primer dari wawancara dan pencarian data sekunder dari observasi dan dokumentasi untuk lebih memahami
fenomena yang terjadi dalam pemahaman yang menyeluruh dan mendalam tentang strategi komunikasi pemasaran terpadu pada pariwisata pedesaan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Tembi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa wisata tembi secara keseluruhan menggunakan unsur komunikasi pemasaran terpadu. Meskipun implementasi elemen komunikasi
pemasaran terpadu secara keseluruhan belum optimaldalam hal ini pengunaan media internet dilaksanakan karena berbagai keterbatasan, tetapi elemen komunikasi pemasaran terpadu adalah untuk saling mendukung dan bekerja sama satu sama lain karena semuanya saling terkait dan tidak terpisahkan. Secara umum, layanan dan fasilitas yang tersedia di desa wisata tembi cukup berkualitas untuk memuaskan para wisatawan yang berkunjung.

Author Biography

Fransisca Ratna Ardanari, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

References

Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Baiquni, M dan Wardiyanto. (2011). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Belch, G.E. (2004). Advertising & Promotion: An Integrated MarketingCommunicatuon Perspective/George E. Belch; Michael A. Belch. New York: McGraw Hill.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cannon, J.P. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Damardjati, R.S. (2001). Istilah-istilah Dunia Pariwisata (cetakan keenam). Jakarta: Pradnya Paramita.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djaslim, S. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Gonring, M. (1994). Putting Integrted Marketing Communication to WorkToday. Fall, Public Relations Quartely.

Jauch, L.R. & Glueck, W.F. (1999). Manajemen Strategis dan Kebijakan Bersaing, terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Karyono, H. (1997). Kepariwisataan. Jakarta: PT Grafindo.

Kasali, R. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: PT Grafiti.

________. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, P dan Kevin L.K. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Gary A. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. (Damos Sihombing. Alih Bahasa). Jakarta: Erlangga.

___________________. (2004). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muhammad, A. (2009). Cara Pintar Promosi Murah dan Efektif. Yogyakarta: Garailmu.

Pitana, I G. dan Diarta. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Siswanto dan Kleinsteuber, F. (2002). Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarata: Damar Melia Pustaka.

Soemanegara, R. (2006). Strategic Marketing CommunicationKonsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Syahputra, Iswandi. 2007. Komunikasi Profetik Konsep dan Pendekatan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Ardanari, F. R. . (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/610