Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Jamu Kiringan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

Authors

  • Gilang Ahmad Fauzi Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Keywords:

: Strategi Pemasaran, Desa Wisata, Jamu, Kiringan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan pariwisata pasca terbentuknya Desa Wisata Jamu Kiringan dan strategi pemasarandi Desa Wisata Jamu Kiringan serta kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pemasarannya. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Jamu Kiringan pada bulan Juni 2019-Juli 2019. Data penelitian diperoleh dari proses wawancara (interview) dengan 4 informan terdiri dari pengelola desa wisata, pejabat desa (tokoh masyarakat), masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pariwisata dan masyarakat yang tidak terlibat dalam kegiatan pariwisata. Pengambilan cuplikan (sampling) dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman (reduksidata, penyajian data, verifikasi atau menarik kesimpulan), analisis IFAS EFAS, dan analisis matriks SWOT. Hasil penelitian ini
menunjukkan Desa Wisata Jamu Kiringan cukup berkembang dengan adanya perbaikan dan penambahan 3A (atraksi, amenitas, aksesibilitas), namun masih kurangnya kegiatan promosi dalam memasarkan atraksi dan produk yang dimiliki. Hasil perhitungan faktor internal nilai x adalah 0,1507 dan faktor eksternal y adalah 0,9557. Dari perhitungan tabel IFAS EFAS menunjukkan bahwa nilai x
dan nilai y sama-sama positifnya, sehingga posisi berada pada kuadran 1 pada analisis SWOT. Berarti dengan keadaan faktor ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Jamu Kiringan berada pada posisi yang menguntungkan dimana Desa Wisata Jamu Kiringan memiliki kekukatan danpeluang yang dapat menutupi kelemahan dan ancaman yang ada dan sangat berpengaruh pada strategi pemasaran di Desa Wisata Jamu Kiringan. kuadran 1 menghasilkan strategi Strength – Opportunity (SO) dimana strategi yang tercipta antara lain membuat Taman Toga Raksasa yang berisi berbagai jenis tanaman jamu, meningkatkan kuantitas ekspor dan jaringan
kerjasama internasional, menawarkan atraksi dan produk jamu kepada pelaku wisata untuk bekerja sama, merancang website resmi desa wisata yang berisi informasi lengkap mengenai Desa Wisata Jamu Kiringan dan juga sistem pemesanan paket wisata online disitus website tersebut. 

Author Biography

Gilang Ahmad Fauzi, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta

References

Basu DH Swasta dan Handoko. Hani. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Demartoto, Argyo. (2009). Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Surakarta: Penerbit Sebelas Maret University Press.

Hadiwijoyo, Suryo S. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indriyo, Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta:BPFE.

Kotler, P dan Armstrong, G. (2011). Principle of Marketing: 9th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Lunberg, Donal E, Mink H, dan M Krishnamoorthy. (1997). Tourism Economic (Terjemahan oleh Sofian Jusuf Ekonomi Pariwisata). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Handani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Jakarta: Salemba Empat.

Marpaung, Happy. (2002). Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Muljadi dan Warman. (2014). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nirwana. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma.

Nyoman S. Pendit. (2003). Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

R.S Damarjati. (2001). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Rangkuti, Freddy. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

________________. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soekadijo, RG. (2000). Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai SystemLingkage. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_________. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Malang: Bayumedia Publishing. Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Ali Hasan. 2009. Marketing. Edisi Baru. Yogyakarta: Media Pressindo.

Yoeti, Oka A. 1995. Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta:

Angkasa.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Fauzi, G. A. . (2024). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Jamu Kiringan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/607