Persepsi Wisatawan terhadap Produk Wisata Grand Maerakaca di Kota Semarang

Authors

  • Francisca Ratna Ardanari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Persepsi, Wisatawan, Grand Maerakaca Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap produk wisata Grand Maerakaca di Kota Semarang. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini berfokus pada 4 indikator produk wisata yaitu Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, dan Ancillary Services terhadap persepsi wisatawan di Grand Maerakaca. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif prosentase. Populasi penelitian ini adalah wisatawan Grand Maerakaca dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan purpsosive sampling dan accidental sampling dalam teknik pengambilan datanya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada wisatawan Grand Maerakaca secara langsung. Hasil analisis penelitian menunjukkan wisatawan menyatakan setuju terhadap produk wisata yang dimiliki Grand Maerakaca dengan melihat beberapa aspek produk wisata yaitu atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan ancillary services. Wisatawan puas dalam berkunjung ke wisata Grand Maerakaca dan memungkinkan kecenderungan akan berkunjung kembali.

Author Biography

Francisca Ratna Ardanari, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Alex, S. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4(1), 53-59.

Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian: Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.

Dewi, K. (2019). Pengaruh Produk Wisata dan Kebijakan Harga terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17(2), 90-102.

Gunadi, M. A., & Rusli, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Wisata Umrah terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Lansia di Annisa Travel Jakarta. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 2(02), 39-48.

Hadi Prasetyo, D. (2021). Strategi Branding Pemerintah Desa Biting dalam Mengembangkan Potensi Wisata di Desa Biting (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://disporapar.jatengprov.go.id/portal/page/ppid/438/disporapar-jateng-statistik diakses pada tanggal 4 September 2021.

Ibrahim, M. A. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi dan Persepsi Pengunjung terhadap Obyek Wisata Desa Budaya Pampang di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 12(2).

Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 14.

Seminar Nasional Pariwisata

Published

2024-01-12

How to Cite

Ardanari, F. R. . (2024). Persepsi Wisatawan terhadap Produk Wisata Grand Maerakaca di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/606