Balanced Scorecard untuk Desa Wisata dengan Pendekatan Pariwisata Berkelanjutan

Studi Kasus pada Desa Wisata Garongan

Authors

  • Amelia Lintang Mahiswara Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Keywords:

Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Desa Wisata, Pariwisata Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun indikator-indikator pengukuran kinerja bagi Desa Wisata Garongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penyusunan indikator kinerja menggunakan rerangka Balanced Scorecard dengan mempertimbangkan tiga aspek pariwisata berkelanjutan, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara
mendalam, diskusi, observasi, dan rekaman arsip. Hasil dari penelitian ini berupa indikator-indikator pengukuran kinerja yang disusun di dalam rerangka Balanced Scorecard.

Author Biography

Amelia Lintang Mahiswara, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

References

De Carlo, M. Cugini, A. & Zerbini, F. (2008). Assessment of

Destination Performance: A Strategy Map Approach.

Tourism Review, Vol. 63: 25-37.

Indonesia Sustainable Tourism Award – ISTA. (2017). Buku

Pedoman Penghargaan Pariwisata Berkelanjutan.

Kaplan, Robert. & Norton, David. (1996). The Balanced

Scorecard: Translating Strategy into Action. Boston:

Harvard Business School Press.

__________________________________. (1993). Putting

Balanced Scorecard to Work. Massachusetts: Harvard

Business Review.

Lane, Bernard. (1994). What is Rural Tourism?. Journal of

Sustainable Tourism, Vol. 2: 7-21.

Navarro, M. Iglesias, M. & Vinzon, L. (2015). Sustainability

Indicators of Rural Tourism from The Perspective of

The Residents. Tourism Geograpies.

Niven, Paul R. (2002). Balanced Scorecard Step-by-Step:

Maximizing Performance and Maintaining Results. New

York: John Wiley and Sons, Inc.

Balanced Scorecard untuk Desa Wisata ... |11

Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 tentang

Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Phillips, Paul. & Louvieris, Panos. (2005). Performance

Measurement Systems in Tourism, Hospitality, and

Leisure Small Medium-Sized Enterprises: A Balanced

Scorecard Perspective. Journal of Travel Research.

Sainaghi, R., Phillips, P. & d’Angella, F. (2018). The Balanced

Scorecard of a New Destination Product: Implications

for Lodging and Skiing Firms. International Journal of

Hospitality Management.

Tayler, William B. (2010). The Balanced Scorecard as a

Strategy-Evaluation Tool: The Effects of Implementation

Involvement and a Causal-Chain Focus. The Accounting

Review, (Vol. 85, No. 3): 1095-1117.

Vila, Mar. Costa, Gerard. & Rovira, Xari. (2010). The Creation

and Use of Scorecards in Tourism Planning: A Spanish

Example. Tourism Management, Vol. 31: 232-239.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Resesearch Design and

Method. 4th Edition. California: SAGE, Inc.

sarasehan pariwisata

Published

2024-01-16

How to Cite

Mahiswara, A. L. (2024). Balanced Scorecard untuk Desa Wisata dengan Pendekatan Pariwisata Berkelanjutan: Studi Kasus pada Desa Wisata Garongan. Prosiding Seminar Nasional Pariwisata, 1(1). Retrieved from http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/SNP/article/view/589