Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pinus Pengger Kabupaten Bantul

Authors

  • Yuliyani Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.65

Keywords:

word of mout, ewom, Attraction, Tourist Decision

Abstract

This research attempts to learn the influence of electronic word of mouth and location on tourist decisions to visit the Pinus Pengger. The population in this research is the tourists who visited Pinus Pengger. The sample taken was 100 respondents. The method for the sampling is accidental sampling. The data collection technique was a questionnaire. The analysis of data used multiple regression analysis techniques. The results of this study indicate that together, electronic word of mouth, and attractiveness affect the decision to visit tourists in Pinus Pengger. Partially, electronic word of mouth affects the decision to visit tourists, while attractiveness does not affect the decision to visit tourists

Author Biography

Yuliyani, Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta

Dosen, Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta

References

Aprilia, F. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1).

Austriana, I. (2005). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Daerah dari Sektor Pariwisata. Universitas Diponegoro.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of computer-mediated communication, 13(1), 210-230.

Charo, N., Sharma, P., Shaikh, S., Haseeb, A., & Sufya, M. Z. (2015). Determining the impact of ewom on brand image and purchase intention through adoption of online opinions. International Journal of Humanities and Management Sciences, 3(1), 41-46.

Cheung, C. M., & Thadani, D. R. (2010). The Effectiveness of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis. Bled eConference, 23, 329-345.

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelituan Bidang Ekonomi dan Sosial. Penerbit Andi.

Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Media Wisata, 13(1).

Herdiana, Lisa. 2012 “Daya Tarik dan Kawasan Wisata”. http://lisaherdiana.blogspot.co.id/2012/04/daya-tarik-dan-kawasan- .html. Diakses pada tanggal 26 Juli 2020

Hennig-Thurau, T., Walsh, G., & Walsh, G. (2003). Electronic word-of-mouth: Motives for and consequences of reading customer articulations on the Internet. International journal of electronic commerce, 8(2), 51-74.

Illah, A. N., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2019). Pengaruh Citra Destinasi dan E-WOM di Media Sosial Instagram serta Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata B29 di Kabupaten Lumajang. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(2), 164-170.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. Marketing Intelligence & Planning.

Junaida, E. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Wisata Berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 146-155.

Kertamukti, R. (2015). Instagram Dan Pembentukan Citra (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram@ basukibtp). Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(1).

Kiralova, A., & Pavliceka, A. 2015. Development of Social Media Strategies in Tourism Destination. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175, 358-366.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mitchell, J. (2017). Instagram Marketing for Beginners: How to make 10,000$ per month. Lizard Publishing via PublishDrive.

Riantika, I. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik, Lokasi Terhadap Keputan Berkunjung Wisatawan di Curug Sidoharjo. Skripsi. Fakultas Ekonomi: USD Yogyakarta.

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-wom) Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi Pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189-196.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : Prentice Hall.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. RISK: Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi, 1(1), 36-46.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10.

Putri EA. 2013. Aplikasi Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. [skripsi]. [Internet]. [Diunduh pada tanggal 28 Juli 2020]. diunduh pada: http://eprints.upnjatim.ac.id/5020/1/file1.pdf

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) Yogyakarta. CAPS (Centre of Academic Publising Service).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan strategis kepariwisataan daerah konsep dan aplikasi. Jogjakarta: e-Gov Publishing.

Website Pendidikan Ekonomi. 2012 “Pengertian Komunikasi Word of Mouth (WOM)”.

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/07/pengertian-komunikasi-word-of-mouth-wom.html. Diakses pada tanggal 26 Juli 2020

Weiss, M., Loock, C. M., Staake, T., Mattern, F., & Fleisch, E. (2010, December). Evaluating mobile phones as energy consumption feedback devices. In International Conference on Mobile and Ubiquitous Systems: Computing, Networking, and Services (pp. 63-77). Springer, Berlin, Heidelberg.

Wibisono, A. D. (2020). Pengaruh Advertising, Knowledge, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat Kota Salatiga.

Yogyakarta, D. P. D. I. (2016). Statistik kepariwisataan 2016. Yogyakarta: Dinas Pariwisata DIY.

Yogyakarta, D. P. D. I. (2017). Statistik kepariwisataan 2017. Yogyakarta: Dinas Pariwisata DIY.

Yogyakarta, D. P. D. I. (2018). Statistik kepariwisataan 2018. Yogyakarta: Dinas Pariwisata DIY.

Yogyakarta, D. P. D. I. (2019). Statistik kepariwisataan 2019. Yogyakarta: Dinas Pariwisata DIY.

Zarrella, D. (2009). The social media marketing book. " O'Reilly Media, Inc."

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Yuliyani. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pinus Pengger Kabupaten Bantul. Media Wisata, 19(1), 42–56. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.65