Cara Praktis Untuk mewujudkan Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Prihatno Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.42

Keywords:

marketing, kepuasan, satisfaction, tourist

Abstract

Kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi pelanggan atas performance produk atau jasa alam memenuhi harapan pelanggan. Pelanggan merasa puas apabila harapannya terpenuhi atau akan sangat puas jika harapan pelanggan terlampaui. Pertanyaan yang fundamental adalah apa sebenarnya yang membuat pelanggan puas? Perusahaan harus menyusun strategi program peningkatan kepuasan pelanggan melalui 5 driver kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk, harga, kualitas palayanan, emotional factor, dan yang kelima adalah berhubungan dengan biaya dan kemudahan untuk mendapatkan produk dan jasa. Setelah itu harus ditetapkan bobot tertinggi diantara kelima driver itu dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Penentuan bobot harus mempertimbangkan produk yang dihasilkan dengan memperhatikan dinamisasi waktu. Besarnya bobot setiap driver dapat diketahui melalui survei pasar.

Author Biography

Prihatno, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

Dosen, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Indonesia

References

Catherine Devrye, Good Service is Good Business, Strategi Sederhana Menuju Sukses, PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Philipp Kotler, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1993.

Radix Yunanto, Makalah Customer Satisfaction Drivers, 2003.

Trioso Purnawarman, Makalah Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu Produk, 2001.

Vincent Gaspersz, Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Prihatno. (2021). Cara Praktis Untuk mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Media Wisata, 3(1). https://doi.org/10.36276/mws.v3i1.42