Hubungan Pariwisata Dan Perubahan Sosial Masyarakat Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Saryani STP AMPTA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.36276/mws.v13i2.228

Keywords:

Pariwisata, Sosial, Perubahan Sosial Masyarakat

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pariwisata dan perubah anperilaku masyarakat khususnya perubahan perilaku dalam bidang pendidikan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan menggunakan metode pengumpulan data, wawancara dengan informan, dan data sekunder dengan membaca buku-buku yang relevan. Adapun di dalam menganalisan penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif.Dalam kegiatan pariwisata pada dasarnya akan mempertemukan dua atau lebih kebudayaan yang berbeda. Pertemuan antar manusia dengan latar belakang berbeda akan menghasilkan berbagai proses perubahan. Perubahan dalam nilai, sikap dan perilaku yang disebabkan adanya tuntutan kondisi lingkungan yang ada. Kegiatan pariwisata akan berhasil dengan baik disamping ditopang oleh daya tarik wisata yang memesona juga tersedianya sumber daya manusia yang mengelola daya tarik tersebut. Seiring dengan majunya pariwisata di Yogyakarta, maka kebutuhan sumber daya manusia pariwisata yang profesional, yang terdidik, terlatih dan terampil, tidak dapat dihindarkan. maka menjadi peluang dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas semakin besar. Kondisi ini berpengaruh terhadap keberadaan lembaga pendidikan tinggi pariwisata, dan ini dibuktikan dengan minat calon mahasiswa yang menginginkan mempelajari bidang pariwisata

Author Biography

Saryani, STP AMPTA YOGYAKARTA

STP AMPTA YOGYAKARTA

References

Abas, J, ‘ Strategi Pengelolaan Pendidikan Tinggi Pariwisata di Era Globalisasi dan Pasar Bebas (AFTA), Jurnal Pariwisata Wahana Ilmu, Pembuka Cakrawala, ISSN 1411-1527, hal 11-22. Baparda Daerah Istimewa Yogyakarta, 2009.Statistik Pariwisata Tahun 2009.

Buku Panduan Akademik Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, 2012, Yogyakarta

Buku Panduan Akademik Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, 2014, Yogyakarta

Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Statistik Kepariwisataan 2008

Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Statistik Kepariwisataan 2009

Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Statistik Kepariwisataan 2010

Jamila,Ellis MP, Indraprasetia, “ Pendidikan dan Perubahan Sosial” Jurnal Madani. Volume 8, No 2, Juni 2007, hal 290-300

Liddle Hard,1987, Strategy, Frederick A.Praeger Inc, New York. Mathieson dan Wall,1982, Tourism:Economic, Physical and Sosial Impacts, Longman, Harlow.

Muwardi, Witjaksono, 1998, “Kualifikasi

Sumber Daya Manusia di Sektor Publik”, Prosiding,Lokakarya

Pendidikan Kepariwisataan Menyongsong Era Globalisasi, kerjasama Pusdiklat Depparsenibud, HILDIKTIPARI P2Par- ITB 3-4 Juli 1998, Bandung.

Pitana, I G, 2010, “ Globalisasi Pariwisata Dan Implikasinya Bagi Strategi Pengembangan SDM” Makalah pada kuliah kuliah umum di Magister Kajian Pariwisata pada tanggal 1 Oktober, Yogyakarta .

Sarbini, 2010, Paradigma Baru Ilmu Pariwisata, Rekreasi, Yogyakarta.

Soemardjan, Selo, dkk, 1992, Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara, BP 7 Pusat, Jakarta.

Suryohadiprojo, Sayidiman, 1997, “Ketahanan Nasional Indonesia”, Jurnal Ketahanan Nasional, diterbitkan atas kerjasama PPS-UGM dengan Lemhannas, Edisi II(1) April 1997, Yogyakarta.

Sidarta, I T, 2002, “Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Dan Ekonomi Mayarakat, Studi Kasus di Kawasan Pariwisata Sanur Denpasar, Bali”. Tesis, Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang

Taroepratjeka, H, 1998, “Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata”, Proseding, Lokakarya Pendidikan Kepariwisataan Menyongsong Era Globalisasi, Kerjasama Pusdiklat Depparsenibud, Hildiktipari, P2Par –ITB, 3-4 uli1998, Bandung.

Tuti AA, Tanpa Tahun, Yogyakarta Tempo Doeloe, Sepanjang CatatanPariwisata, Bigraf Publisng, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-09-10

How to Cite

Saryani. (2021). Hubungan Pariwisata Dan Perubahan Sosial Masyarakat Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Wisata, 13(2). https://doi.org/10.36276/mws.v13i2.228